Senin, 20 Januari 2014

materi ekonomi pembangunan BAB 5 hambatan pembangunan: faktor luar negeri_nisa


BAB 5
HAMBATAN PEMBANGUNAN   :
FAKTOR DALAM NEGERI
            Ketika Negara maju terus menerus mengalami peningkatan taraf hidup, sampai Perang Dunia II kemabanyakan Negara berkembang tidak banyak mengalami perubahan. Negara berkembang masih merupakan Negara – Negara yang taraf hidup penduduknya relatife sangat rendah. Dalam bab ini akan diuraikan lima aspek dari teori yang akan menjelaskan tentang hambatan pembangunan suatu Negara. Teori – teori tersebut adalah :
  1. Analisis mengenai pengaruh perkembangan penduduk terhadap beberapa aspek dalam pembangunan ekonomi.
  2. Efek dualisme sosial dan teknologi terhadap mckanisinc pasar dan penggunaan tenaga kerja.
  3. Lingkaran perangkap kemiskinan (the vicious circle ofpovei-ty) sebagai factor yang mengekalkan keterbelakangan.
  4. Struktur ekspor yang bcrupa bahan mentah dan efek-nya kepada kemungkinan mewujudkan pembangunan
  5. Proses sebab-akibat kumulatif (the circularcumulatire causation) dan efeknya kepada daerah yang lebih miskin.
PERANKAP PENDUDUK : EFEK PERKEMBANGAN PENDUDUK TERHADAP TINGAT KESEJAHTERAAN
            Efek Positif Perkembangan Penduduk
            Ahli – ahli ekonomi pada umumnya sependapat bahwa bahwa perkembangan penduduk menjadi factor pendorong maupun penghambat pembangunan.
1.      Perkembangan itu memungkinkan penghambatan jumlah tenaga kerja dari masa masa.
2.      Pertambahan penduduk dan pemberian pendidikan yang maksimal akan menghasilkan tenaga kerja yang ahli dan terampi dan terdidik.
3.      Perluasan pasar
4.      Dapat mengembangkan teknologi
Efek Negatif Perkembangan Penduduk
Akibat buruk yang mungkin ditimbulkan oleh perkembangan penduduk terhadap pembangunan akan tercipta apabila produktivitas sektot produksi rendah dan dalam masyarakat banyak pengangguran.
Di samping itu produktifitas ysang sangat rendah akan menyebabkan perkembangan produksi pertanian  yang sangata rendah pula. Beberapa ahli ekonomi telah menganalisis pengaruh buruk pertambahan penduduk terhadap pembangunan ekonomi. Berbagai analisis tersebut dapat di bedakan dalam dua golongan. Analisis – analisis yang termasuk dalam golongan pertama merupakan analisis yang secara langsung menunjukkan kaitan antara tingkat perkembangan penduduk dengan tingkat pekembangan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan yang termasuk golongan yang kedua lebih menekankan kepada menelaah pengaruh perkembangan penduduk terhadap beberapa faktor yang  akan menentukan lajunya perambahan pendapatan nasional
 Faktor Pertumbuhan pendudu  Dapat merupakan penghambat, karena :
*       Bisa mengakibatkan pengangguran,
*       Produktivitas rendah
*      Jumlah pendapatan perkapita rendah
*      Hasrat berinvestasi rendah
*      Distribusi pendapatan semakin tidak merata komposisinya.
*      Dapat menimbulkan urbanisasi
*      Kemampuan ekspor menurun timbul keinginan utk impor
Teori Nelson : Pembangunan dan  Perangkap Penduduk
            Analisis pengaruh langsung pertambahan penduduk kepada perkembangan tingkat kesejahteraan dilakukan oleh Nelson dan Leibenstein.Yang mengemukakan teorinya dalam waktu yang hampir bersamaan dan pokok padang mereka tidak banyak berbeda. Yaitu : bahwa pertambahan penduduk yang pesat di Negara berkembang menyebabkan tingkat kesejahteraaan masyarakata tidak mengalami perbaikan yang berarti dalam jangka panjang berarti menurun. Mereka berpendapat bahwa sebagai akibat dari perkembangan penduduk yang sangat tinggi , dalam jangka panjang tingkat pendapatan perkapita akan kembali mencapai tingkat pendapatan subsisten atau cukup hidup. Dalam menjelaskan teori Nelson mengunakan tiga macam gambar  di bawah ini :

Gambar 5.1
Pengaruh Penduduk Terhadap Pertambahan Tingkat Kesejahteraan
            % pertambahan penduduk
                              3%_
                                 _                                                          P
            (a)                 _                                                                        Pendapatan  Per Kapita
                                   
                                                                                       I
                                                                                        
            % penanaman Modal Per Kapita
                                                                                      

                  (b)                                                                                       Pendapatan Per Kapita
                                     yx               ya

           % Pertambahan Penduduk dan Pendapatan
                              3%_                                                                              p
                                _                                                                                 y
                   (c)        _                                                                          pendapatan Per Kapita

                                                Ya                Yo                Yb                         Yc  


                                                                                                       


EFEK TAK LANGSUNG PERKEMBANGAN PENDUDUK TERHADAP PEMBANGUNAN
Untuk melengkapi uraian mengenai pengaruh pertambahan penduduk terhadap pembangunan ekonomi, selanjutnya perlu pula dibahas analisis-analisis vang menun­jukkan pengaruh tidak langsung dari perkembangan penduduk terhadap pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat. Seperti telah dikatakan, analisis serupa ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh pertambahan penduduk yang pesat terhadap beberapa faktor penting yang menentukan lajunya tingkat pertumbuhan ekonomi. Berbagai analisis yang dikemukokan terutama menunjukkan pengaruh pertambahan penduduk yang pesat kepada:
  • Kemampuan masyarakat untuk menabung.
  • Corak penanaman modal yang akan dilakukan.
  • Pemerataan pendapatan.
  • Strategi pemilihan teknologi yang akan digunakan.
  • Keperluan untuk mempercepat kenaikan produksi bahan makanan.
  • perkembangan perdagangan luar negeri.
Bagaimana perkembangan penduduk akan mempengaruhi berbagai faktor ini, dan se­lanjutnya menimbulkan efek kepada pembangunan ekonomi, akan diterangkan dalam uraian berikut.
  • Pertambahan Penduduk dan Tingkat Tabungan
Salah satu kesimpulan yang dapat ditank dari teori Nelson adalah bahwa suatu masya­rakat dapat rnelepaskan dirinya dari the low level equilibiiuin trap dengan memperbesar tingkat penanaman modalnya sehingga menimbulkan pertambahan pendapatan nasional yang lebih besar dari pertambahan penduduk Untuk menaikkan penanaman modal haruslah tercipta kenaikan tabungan.
  • Pertambahan Penduduk Dan Penanaman Modal
Mengenai pengaruh pertambahan penduduk yang sangat cepat terhadap corak pe­nanaman modal, ahli-ahli ekonomi sepenul-inya sependapat bahwa keadaan tersebut akan mengakibatkan beberapa perubahan yang tidak menguntungkan struktur penanaman modal yang dilak-sanakan olch negara berkembang.
  • Pertambahan Penduduk dan Pemerataan pendapatan
Perkembangan penduduk yang tinggi selanjutnya menghambat Negara berkembang untuk mencapai salah satu tujuan penting pembangunan ekonomi, yaitu pemerataan pendapatan. Pertama di satu pihak pengangguran yang terlalu besar
EFEK DUALISME EKONOMI TERHADAP MEKANISME PASAR
Salah satu ciri penting dari negara berkembang seperti telah dijelaskan dalam Bab Satu, adalah: perekonomiannya bersifat dualistic. Maksudnya, dalam perekonomian kegiatan ekonomi dapat dibedakan kepada dun golongan: kegiatan ekonomi modern dan kegiatan ekonomi tradisional. Beberapa pendapat telah dikemukakan tentang akibat yang kurang menguntungkan dari adanya dualisme tersebut terhadap kemung­kinan untuk mengembangkan perekonomian, terutama yang masih menjalankan kegiatan-kegiatannya secara tradisional. Analisis-analisis tersebut pada dasarnya menun­jukkan bahwa ciri ekonomi yang bersifat dualistic tersebut, terutama dualisme sosial dan teknologi, menimbulkan keadaan-keadaan yang menyebabkan mekanisme pasar tidak berfungsi secara semestinya. Dan ketidaksempurnaan mekanisme pasar ini selan­jutnya men’akibatkan cumber daya yang tersedia tidak digunakan secara efisien.
Efek Dualisme Teknologi
Yangpertama, di dalam keadaan di mana dualisme teknologi sebagai akibat domi­nannya modal asing atas sektor modern, sebagian besar keuntungan yang diperoleh akan dibawa ke luar negeri. Ini akan mengurangi potensi tabungan yang dapat dikerah­kan untuk penanaman modal di dolah negeri lajunya pembangunan ekonomi. Walau demikian, keadaan yang kurang menguntungkan ini tidal, perlu di­anggap sebagai suatu masalah yang serius, karena setelah Perang Dania 11 peranan modal asing di sektor pertanian dan pertambangan di negara berkcmbano, Judah kian berkurang. Tabungan asing di sektor tersebut hanya merupakan sebagian kecil saja dari sejumlah tabungan lain yang bisa dikerahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar