Senin, 30 Juni 2014

ABSRTAKSI_skripsi



ABSRTAKSI

PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA
TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA
PT. BPR SARI WERDHI SEDANA Tahun 2011


Oleh
Nama
            Perusahaan pada hakekatnya terdiri dari kumpulan orang – orang dan peralatan operasionalnya. Sehingga upaya pencapaian tujuan dalam memaksimalkan keuntungan dan berhasil atau tidaknya suatu misi lembanga untuk mencapai tujuan ditentukan oleh individu – individu yang menjalankan manajemen yang dilaksanakan perushaan. Individu – individu yang diharapkan dalam organisasi dapat memberikan andil yang positif  terhadap semua kegiatan perusahaa dalam mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas perusahaan dituntut untuk siap dan melaksanakan kegiatan – kegiaan perusahaan yang meliputi kegiatan produksi, personalia, pemasaran dan keuangan atau akuntansi, dimana antara fungsi yang satu dengan fungsi yang lain saling berhubungan.
            Dalam penelitian ini adapun rumusan masalah seperti, bagaimana motivasai kerja karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana, bagaimana kepuasan karyawan  PT. BPR Sari Werdhi Sedana, bagaimana loyalitas PT. BPR Sari Werdhi Sedana, dan apakah ada pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja karyawan, kepuasan kerja karyawan, loyalitas karyawan, pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Dalam penelitian ini adapun landasan teorinya, mengraikan tentang dasar – dasar teori yang mendukung masing – masing variabel yang akan diteliti meliputi : Pengertian Motivasi, Teori – teori Motivasi, Pandangan Tentang Motivasi dalam organisasi, Pengertian Kepuasan Kerja, Varibel Kepuasan Kerja, faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, teori – teori tentang kepuasan kerja, Pengertian Loyalitas, faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas, manfaat loyalitas.
            Dalam mengumpulkan data dipergunakan metode kuesioner, dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap data yang kurang jelas. Metode kuesioner meliputi kuesioner motivasi, kepuasan kerja dan loyalitas motivasi terhadap 30 karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Metode dokumentasi pada penulisan saat penulis mencari data tentang PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mencari data tentang sejarah, struktur organisasi, tugas masing – masing karyawan dan data – data yang kurang jelas mengenai PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Setelah data penelitian dikumpulkan maka langkah selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis regresi dua prediktor untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan. Dimana variabel motivasi adalah X1,, variabel kepuasan kerja adalah X2  dan loyalitas kayrawan adalah Y.
            Hasil penelitian diperoleh Ry (1,2) sebesar 0,791120 dan Ry2 (1,2) sebesar 0,625872. Melalui hasil analisis data menggunakan F hitung, diperoleh Fh sebesar 22,58 dengan (n-k-l) dalam kasus subjek yang diambil yaitu semua karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana sebayak 30 orang, yang terdiri dari 3 variabel X1, X2 dan , sehingga dengan harga Ft 5% adalah 3,35 dan harga f hitung adalah 22,58 adalah signifikan karena Ft lebih kecil dari Fh. Dengan demikian hipotesis nol yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan ditolak dan ,menerima hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa ada pengaruh motivasi dan kepuasan kerja karyawan terhadap loyalitas karyawan PT. BPR Sari Werdhi Sedana. Sumbangan relative (SR%) untuk masing – masing variabel yaitu variabel motivasi (X1) sebesar 28,44% dan variabel kerja (X2) sebesar 71,56%. Sedangkan efektifias garis regresinya sebesar 62,58% yang terdiri dari sumbangan efektif variabel motivasi (X1) sebesar 17,80% dan sumbangan efektif variabel kepuasan (X2) sebesar 44,78% terhadap loyalitas karyawan Y. dilihat dari hasil perhitungan maka variabel (X1) lebih sedikit memberikan pengaruh terhadap loyalitas karyawan dan variabel kepuasan kerja (X2) memberikan pengaruh yang dominan terhadap loyalitas karyawan dan sisanya yaitu 37,42% (100%-62,58%) dipengaruhi oleh faktor lain, seperti pekerjaan itu sendiri, lingkungan kerja, kepemimpinnya dan kompensasi yang diberikan oleh PT. BPR Sari Werdhi Sedana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar